Erick Thohir Kandidat Ketum PSSI periode 2023-2027

Ketua Komite Pemilihan (KP) Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI Amir Burhannudin menegaskan Erick Thohir memenuhi syarat sebagai salah satu calon tetap Ketua Umum PSSI 2023-2027.

“Yang bersangkutan (Erick Thohir) memenuhi syaratkan sesuai Statuta PSSI,” ujar Amir dari Antara.

Amir menepis kabar yang menyebut Erick Thohir melanggar ketentuan aktif di sepak bola selama lima tahun sesuai dengan ayat 4 pasal 38 Statuta PSSI. Amir mengatakan Menteri BUMN itu aktif di sepak bola dan adanya dokumen pendukung.

“Itu sesuai dengan dokumen yang dan terkonfirmasi dengan klub anggotanya. Jadi isu itu tidak benar,” kata Amir.

Sebelumnya Erick Thohir mendapatkan penilaian tidak layak atau sah menjadi calon Ketua Umum PSSI oleh Yesayas Oktavianus, salah satu calon tetap wakil ketua umum PSSI dan anggota Komite Eksekutif PSSI 2023-2027.

Yesayas mengklaim jabatan Erick Thohir sebagai wakil komisaris utama di PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) tidak bisa mendapat sebutan ‘aktif’ di sepak bola.

“Saya sudah mengecek ke orang-orang yang ada di posisi itu. Mereka bilang komisaris itu tidak aktif, paling sekali-sekali datang misalnya untuk rapat pemegang saham,” tutur Yesayas.

Yesayas mengaku telah mengadukan dugaan pelanggaran itu ke Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI pada 2 Februari 2023, tetapi belum ada tanggapan. Yesayas kemudian melaporkan hal ini ke FIFA melalui surat elektronik pada 6 Februari 2023, dengan hasil belum juga mendapatkan jawaban.

Andai masih mentok, Yesayas berencana membawa tudingan ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

“Silakan Kongres Luar Biasa berjalan. Namun kalau CAS memenangkan saya, maka hasil kongres harus batal. Saya ini bergerak sendiri. Tidak ada satu orang pun di belakang saya,” ujar Yesayas.

KP dan Komite Banding Pemilihan (KBP) sudah menetapkan 76 nama calon tetap ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco PSSI periode 2023-2027 yang berhak menduduki jabatan di KLB PSSI 2023. Mereka adalah lima calon ketua umum, 16 calon wakil ketua umum dan 55 calon anggota Exco.

Agenda KLB PSSI 2023 di Jakarta pada 16 Februari mendatang.

*informasi dari berbagai sumber di internet.

Enny Tri Wahyuni

Erick Thohir Kandidat Ketum PSSI

uthkg.com; Desain website oleh Cahaya TechDev – Klub Cahaya

About the author : Ennyie Three
Tell us something about yourself.