Masih Bingung Milih Jurusan Kuliah ? Berikut 10 Jurusan Kuliah Yang Akan Booming di Masa Depan

Bagi kalian para calon mahasiswa sebelum memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi dalam SNBP atau SNBT, ada baiknya kalian perlu mempertimbangkan dan mengetahui jurusan yang akan booming di masa depan.

Mengapa akan booming, karena seperti yang telah kita ketahui saat ini telah memasuki revolusi Industri 4.0 maka dari itu banyak perusahaan mencari tenaga kerja yang mengerti teknologi.

Misalnya saja seperti jurusan kuliah computer engineer, web design, data analyst sampai dengan pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan teknologi. Menurut data dari Oxford Economiscs dan AS Cisco, perubahan ini dapat menghasilkan 28 juta jenis pekerjaan baru dalam dekade selanjutnya.

Bahkan dari temuan World Economic Forum dalam Future of Jobs Report tahun 2020, di masa depan akan terdapat perubahan mengenai pola kerja yang terjadi karena tenaga kerja otomatisasi yang meningkat lebih cepat dari perkiraan.

Sehingga hal ini juga dapat menciptakan 97 juta pekerjaan baru, kreativitas, fleksibilitas dan kemampuan berpikir analitis menjadi salah satu keterampilan yang paling populer.

Berikut 10 jurusan kuliah yang akan booming, sekaligus jadi referensi buat kalian yang akan mengikuti SNBP dan SNBT tahun 2023.

1. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan
Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang cukup baru di Indonesia, bahkan pada tahun 2021, hanya terdapat di Universitas Airlangga (Unair) yang baru mempunyai jurusan kuliah ini. Kedepannya jurusan ini dapat booming seiring dengan kebutuhan kecerdasan buatan atau AI di banyak perusahaan.

2. Jurusan Teknik Elektro
Ilmu dari jurusan kuliah ini telah terbukti sangat populer sampai dengan sekarang dan masa depan. Tanpa adanya lulusan dari jurusan elektro ini, perkembangan teknologi komunikasi dan internet tidak akan sebaik sekarang, maka dari itu jurusan ini termasuk salah satu jurusan yang akan booming.

3. Jurusan Teknik Mesin
Teknologi tidak akan berkembang dan bergerak jika tidak terdapat lulusan dari jurusan Teknik Mesin, maka dari itu perusahaan akan banyak mencari jurusan ini.

4. Jurusan Teknik Informatika
Jurusan kuliah Teknik informatika menjadi salah satu jurusan yang akan booming di masa depan, karena mahasiswa yang ada di jurusan ini akan belajar menjadi ahli di dalam bidang teknologi. Bahkan kalian di jurusan kuliah ini akan mempelajari tentang pemrograman sampai dengan membuat aplikasi.

5. Jurusan Teknologi Informasi
Jurusan ini termasuk jurusan yang paling tinggi peminat bahkan jurusan ini akan menjadi booming di masa depan, karena perusahaan banyak yang membutuhkan lulusan yang paham dasar computing dan matematika, prinsip teknologi informasi sampai dengan pengelolaan dan evaluasi terkait sumber daya informasi.

Masih tentang jurusan perkuliahan yang akan booming, berikut urutan nomor 6-10 :

6. Jurusan Ilmu Komputer
Adanya kemajuan dari teknologi yang mengarah kepada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi maka hal ini membuat jurusan kuliah ilmu komputer akan ada banyak peluang.

7. Jurusan Matematika
Tidak hanya menjadi seorang guru atau dosen, lulusan dari jurusan matematika juga banyak terbutuhkan di masa depan. Sebab keilmuan dari lulusan jurusan ini dalam menghitung banyak terbutuhkan oleh setipa perusahaan teknologi.

8. Jurusan Teknik Biomedik
Jurusan ini merupakan gabungan dari ilmu kedokteran dan keteknikan yang mempelajari mengenai perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia Kesehatan. Jadi jurusan ini ada untuk membangun teknologi di dalam masalah kesehatan demi mengembangkan industri alat medis yang ada di Indonesia.

9. Jurusan Ilmu Ekonomi
Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari mengenai strategi pengelolaan sumber daya secara terbatas mengenai persoalan permintaan yang tidak terbatas, sehingga dapat mencapai kesejahteraan.

Kemampuan dalam menyusun strategi seperti ini juga sangat terbutuhkan pada instansi pemerintahan dan swasta. Maka dari itu, lulusan jurusan kuliah ilmu ekonomi akan terus kita butuhkan dan booming hingga masa depan.

10. Jurusan Statistika
Salah satu profesi yang kita butuhkan nantinya di masa depan yaitu profesi data scientist. Menjadi data scientist, dapat berasal dari Jurusan Statistika. Hal ini penyebabnya karena mahasiswa jurusan kuliah ini akan mempelajari tentang tata cara mengumpulkan, mengelola, mengolah, menginterpretasikan, menganalisis, hingga menyajikan data.

Itulah 10 jurusan yang akan booming di tahun 2023.

Bagi WNI yang ada di Hong Kong, Universitas Terbuka hadir juga untuk kita semua agar bisa mengakses PTN dengan sistem Daring. Yang akan menjawab kebutuhan kita terhadap pendidikan tinggi secara fleksibel. Jika kalian masih bingung yukk datang langsung ke kantor UT Hong Kong & macau untuk konsultasi. Alamat kantor ada di Campus UT Indonesia,, 545 Lockhart Road, L3 Causewaybay (MTR D1, belakang Sogo)
+852 9134 7436

Masih Bingung Milih Jurusan Kuliah ?

Enny Tri Wahyuni

uthkg.com; Desain website oleh Cahaya TechDev – Klub Cahaya

About the author : Ennyie Three
Tell us something about yourself.