Sistem Ujian Online (SUO) adalah Gebrakan UT Untuk Mengoptimalkan Program Belajar Jarak Jauh (BJJ)

Sistem Ujian Online (SUO)

Kuliah dengan menghadirkan tutor atau dosen di depan kelas adalah hal yang sudah biasa. Tetapi kuliah tanpa panduan tutor dan dosen secara langsung baru luar biasa. Yaitu dengan model program belajar jarak jauh menggunakan media digital dan internet. Universitas Terbuka (UT) hadir sejak puluhan tahun silam dengan sistem belajar seperti ini. Dengan segala sistem mulai akses informasi, akses bahan ajar, kelas kuliah online baik synchronous maupun asynchronous, sampai sistem ujian semester pun saat ini UT menggunakan sistem online.

Maka dengan sistem online tersebut perkuliahan di UT bisa terakses hampir tanpa batasan jarak dan waktu. Di dalam negeri maupun di luar negeri, sehingga mahasiswa UT tersebar di berbagai negara di seluruh dunia.

Sistem Ujian Online (SUO)

Model Belajar Jarak Jauh (BJJ) pula yang membuat mahasiswa UT akhirnya menguasai pola belajar multilearning. Karena dengan sistem jarak jauh tersebut mau tidak mau mahasiswa tertuntut untuk harus mempelajari sistem online, menggunakan media digital dan internet. Selain juga harus mempelajari materi kuliah pastinya. Maka semua mahasiswa UT juga pada akhirnya akan memiliki penguasaan terhadap Information Technology (IT). Dan inilah yang membedakan dengan sistem belajar di perguruan tinggi lain yang masih menggunakan sistem belajar konvensional.

Penguasaan terhadap IT saat ini menjadi tuntutan wajib untuk setiap orang.

Karena kita hidup di tengah abad informasi yang mengandalkan teknologi internet dalam penyelenggaraan hidup sehari-hari. Mulai kita bangun tidur sampai tidur lagi kita hampir tidak bisa lepas dari IT. Smartphone sudah menjadi semacam nyawa bagi kita. Tidak memiliki smartphone rasanya kita seperti hidup di tengah hutan belantara atau di abad kegelapan.

Sistem Ujian Online (SUO)

Itulah sebabnya para mahasiswa yang kuliah di UT akan memiliki 2 keuntungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan. Pertama ilmu keahlian sesuai fakultas dan jurusannya. Dan yang kedua penguasaan terhadap sistem online dan teknologi digital internet. Karena penguasaan terhadap teknologi internet ini adalah satu-satunya cara mahasiswa untuk mengakses perkuliahan di UT. Tanpa menguasai sistem online otomatis perkuliahan tidak akan terakses, dan mahasiswa tidak memiliki pilihan lain kecuali harus mempelajarinya.

Ujian akhir semester secara Sistem Ujian Online (SUO) juga menjadi program yang saat ini sedang tereksekusi.

Dalam suasana pandemic Covid 19, otoritas berbagai negara menetapkan aturan social distancing yang tidak memperbolehkan pertemuan banyak orang untuk berada di dalam satu ruangan. Sehingga ujian akhir semester tidak mungkin terselenggarakan secara tatap muka seperti dulu. Dan jalan satu-satunya adalah menyelenggarakan ujian secara online.

UT telah sukses dengan sistem ujian Take Home Exam (THE), dengan sistem online asynchronous, selama beberapa semester terakhir. Kini UT menyelenggarakan sistem Ujian Online (UO) secara synchronous. Sistem menggunakan media teleconference sebagai ruang kelas online untuk sarana pemantauan langsung dari pengawas ujian. Serta laman khusus untuk mengakses soal ujian semester.

Sistem Ujian Online (SUO)

Dalam UO synchronous ini mahasiswa harus menggunakan dua perangkat. Ppertama laptop atau komputer untuk masuk ke laman ujian, mengakses dan menjawab soal ujian multiple choice. Dan yang kedua adalah smartphone untuk masuk ke ruang teleconference dan bergabung dengan pengawas serta seluruh peserta ujian.

Pengawas bertugas memberikan arahan dan mengirimkan password kepada mahasiswa peserta ujian untuk masuk ke laman ujiannya masing-masing. Karena setiap mahasiswa akan mendapatkan password ujian yang berbeda-beda. Pengawas juga memantau jalannya ujian, memandu mahasiswa untuk mengakses sistem online. Dan menerima pengaduan untuk membantu memberikan jalan keluar atas berbagai kendala dan kesulitan yang mungkin mahasiswa alami selama ujian berlangsung.

Sistem UO ini pada akhirnya juga menjadi sarana untuk lebih meningkatkan pembelajaran mahasiswa UT. Terutama dalam mengasah keahlian menggunakan media digital dan internet serta penguasaan terhadap IT. Namun juga mengoptimalkan program BJJ yang semakin mudah terakses untuk seluruh warga negara Indonesia di berbagai tempat berada. Tanpa hambatan jarak ruang maupun waktu, demi meningkatkan kualitas pendidikan seluruh generasi bangsa.

Sistem Ujian Online (SUO)

Oleh : Nunik Cho

UTHKG; Desain website oleh Cahaya TechDevKlub Cahaya

About the author : Nunik Cho
I'm nothing but everything