I Love My Self

Banyak dari kita yang tidak bisa mencintai diri sendiri dan sering mengabaikan kebahagiaan diri sendiri. Mencintai diri sendiri dengan benar merupakan cara yang paling penting untuk menyehatkan mental. Kita selama ini selau mengabaikan diri sendiri dan mendahulukan orang lain. Kita mudah mencintai, memuji, peduli dan mengagumi orang lain. Dan itu semua kita lakukan secara tidak sadar dan tidak sengaja demi mewujudkan tuntutan sosial dan lingkungan.

Berhentilah membuat standard pada diri sendiri yang tidak realistis dan menyiksa diri sendiri. Kita punya masanya sendiri. Kita punya jalan hidup sendiri tinggal bagaimana kita menjalani dan menyikapi perjalanan hidup  yang kita jalani.

Luka dan kesalahan masa lalu  bukan menjadi penghalang bagi langkah kita di masa depan

Kutipan tersebut menjadi sepion dan pembelajaran yang membentuk kita menjadi sosok yang lebih baik di masa mendatang. Karena mengingat kesalahan dan luka masa lalu kita akan menjadi lemah, memendam dan menutupi nya sendiri dan akan menyakiti diri sendiri. Berdamailah dengan luka dan kesalahan masa lalu, karena dengan luka dan kesalahan itu kita dapat bertahan sejauh ini.

Ada satu lagu yang sangat inspiratif buat saya pribadi dari group band  kpop BTS korea (bangtan soyoungdan) yang menyuarakan tentang pentingnya mencintai  diri sendiri yang berjudul  “LOVE MY SELF” yang rilis pada 2018. Lagu ini berpesan untuk menerima kesalahan di masa lalu sehingga kita bisa menemukan jalan masa depan. Dari pesan tersebut poin pentingnya diharapkan kita belajar dan memahami segala hal yang kita butuhkan dan yang kita inginkan.

Pesan motivasi dari lagu tersebut tertujukan untuk orang-orang yang mengalami gangguan psikologis  seperti kehilangan motivasi, depresi, dan gangguan mental lainnya. Kemudian untuk bangkit dan berjuang menghadapi segala keadaan yang membuat mereka terpuruk dan putus asa menjalani kehidupan.

Sehingga kita menjadi versi terbaik dari kita sendiri. Sehingga kita bisa bermanfaat buat orang lain di sekitar kita. Dan menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri bukan berarti memaksakan diri kita menjadi sempurna.

Bicaralah pada diri sendiri atau “deep talk” pada tubuhmu, pada jiwamu, katakanlah terima kasih sudah bertahan sejauh ini dengan semua yang terjadi, dengan semua masalah yang ada, dengan perjalanan hidup yang berliku.  Marilah bertahan menjalani sisa hidup ini dengan bahagia dan senyuman dan mari kita wujudkan hari esok yang lebih baik.

Maafkanlah semua kesalahan di masa lalu, jalani hidupmu sesuai keinginanmu. Hargai kerja kerasmu selama ini, beri hadiah pada usaha dan targetmu. Pergi traveling untuk melihat belahan dunia yang berbeda atau berinteraksi dengan orang yang baru “SEMANGAT MENJALANI HARI ESOK YANG LEBIH BAIK”

By HONG SEK

REVERENSI WWW.KOMPAS .COM

ALBUM BTS LOVE MY SELF 2018

I Love My Self

uthkg.com; Desain Website oleh Cahaya TechDev-Klub Cahaya

About the author : SUHARTINI
Tell us something about yourself.