Mengenal Plugin Yoast SEO dan Manfaatnya Untuk Website

Yoast SEO adalah plugin yang bisa terpasang secara gratis pada wordpress dan sangat populer dikalangan digital marketing dalam mengoptimasi websitenya. Tujuan utama plugin ini adalah untuk website tersebut bisa nangkring di peringkat satu google. 

Oleh karen itu mengenal Plugin Yoast SEO bukan lagi menjadi rahasia, plugin yang satu ini memberikan banyak sekali kemudahan seperti membantu sebuah artikel menemukan titik hijau sebagai acuan bahwa seo pada suatu artikel telah bagus dan sesuai. 

Fitur-fitur yang terdapat pada plugin Yoast SEO :

1. SEO analysis : Berfungsi untuk analisa SEO serta memberikan saran untuk meningkatkan SEO pada teks artikel yang telah siap di publish.

2. Readability analysis atau Analisa keterbacaan : Berfungsi untuk menganalisis keterbacaan serta menawarkan saran untuk memperbaiki struktur dan gaya teks pada artikel.

3. Cornerstone content/ Konten landasan : Fitur konten landasan berfungsi untuk menandai dan memfilter konten landasan di situs website yang kamu miliki.

4. Text link counter/Penghitung tautan : Berguna untuk menghitung tautan teks untuk dapat membantu dalam meningkatkan struktur website. Tautan text ini bisa berupa link atau tautan keluar maupun ke dalam web itu sendiri. 

5. XML sitemaps/Peta situs XML : Berguna untuk proses pengindexan di google supaya artikel bisa terdeteksi dan mendapatkan peringkat pada mesin pencari.

6. Admin bar menu/Menu admin : Berisi tautan sebagai alat untuk pihak ketiga menganalisa halaman. Dan mempermudah melihat semua pemberitahuan baru.

7. Security/Keamanan : Untuk fitur security atau keamanan ini lebih ditujukan untuk website yang memiliki beberapa admin atau pengisi konten.

Plugin Yoast SEO Memiliki Beberapa Fungsi Sebagai Berikut

1. Mengecek Focused Keyword

Salah satu aspek penting dalam penulisan SEO adalah keyword atau frasa kunci utama. Penggunaanya ini mendasari konten apa saja yang akan keluar saat user mencari suatu kata kunci tertentu di Google. Dengan keyword yang tepat, user bisa menemukan website-mu. 

Pada SEO, distribusi keyword pada konten bisa memengaruhi performa konten. Yoast SEO memiliki fitur untuk melakukan pengecekan distribusi serta kepadatan keyword utama. Hal tersebut akan memudahkan kamu dalam mengoptimasikan konten. Jika terjadi kelebihan ataupun kekurangan jumlah keyword, sistem akan memberitahumu supaya memperbaikinya.

2. Meninjau Tingkat Keterbacaan

Search engine tidak hanya melihat keywords saja. Mereka juga fokus menyajikan konten terbaik dan relevant bagi user di halaman pencariannya. Jadi sebuah website juga perlu memerhatikan tingkat keterbacaannya (readability). Dengan menggunakan Yoast SEO, pemilik situs bisa mengetahui apa saja permasalahan readability yang perlu mereka perbaiki untuk memaksimalkan situs.  Mereka dapat membantu pemilik website untuk membuat konten lebih terstruktur dan koheren, supaya mudah dicerna. Hal tersebut dilakukan oleh sistem dengan menganalisis beberapa faktor, seperti panjang paragraf maupun kalimat, penggunaan kalimat pasif, dan kata sambung

3. Mengatur SEO Title dan Meta description

Tool ini memiliki fitur snippet yang dapat memperlihatkan dan mengedit preview kontenmu dengan mengatur SEO title serta meta description. Hal tersebut juga bisa kamu terapkan pada unggahan lamamu. Hasil pengaturan title serta meta description ini, nantinya akan muncul dalam bentuk preview pada SERP Google. 

4. Mengedit Permalink

Permanent link atau permalink merupakan full URL yang terlihat pada halaman atau unggahan suatu situs. Hal tersebut adalah salah satu faktor yang mampu mengoptimasi konten.  Permalink akan memudahkan Google dalam mengindeks halaman sebuah website

Sebenarnya, pengaturan dasar permalink dari WordPress tidak SEO friendly. Untuk hal ini kamu tidak perlu khawatir. Melalui Yoast SEO kamu bisa mengeditnya agar sesuai dengan kaidah search engine optimization. Jika ingin mengeditnya, hindarilah penggunaan slug yang terlalu panjang. Buatlah dengan singkat dan masukkan juga keyword. Hindari penggunaan angka pada slug

5. Menambah Breadcrumbs Pada Situs

Tool ini juga berfungsi dalam pembuatan breadcrumbs pada situs. Breadcrumbs sendiri memiliki fungsi untuk menunjukkan letak spesifik suatu halaman website. Hal tersebut seperti struktur situs atau alat navigasi user guna membantunya dalam menjelajahi website.

6. Mengatur Index Halaman 

Penggunaan Yoast SEO akan memudahkan pemilik website dalam menentukan halaman mana saja yang perlu search engine index dan tidak. Pada dasarnya terdapat beberapa halaman atau link yang ingin pengelola situs yang sembunyikan dari Google. Dengan tool tersebut, pengaturan index halaman dapat disesuaikan melalui meta robots index.

Melalui tulisan di atas, kamu bisa mengenal berbagai fungsi Yoast SEO guna menaikkan performa website-mu.

Sumber info : dari berbagai sumber di Internet

uthkg.com; Desain Website oleh Cahaya TechDev – Klub Cahaya

Mengenal Plugin Yoast SEO

About the author : Ennyie Three
Tell us something about yourself.