Tarif Listrik Hong Kong Mulai Januari 2023 Berada Dalam Penyesuaian

HK Electric telah mengumumkan kenaikan tarif listrik rata-rata untuk Januari 2023, menjadi 197 sen per unit listrik, sekitar 10,2 sen atau 5,5%. Pengumuman telah tersampaikan kepada masyarakat Hong Kong sejak 22 November 2022 silam.

Untuk meringankan beban tarif usaha kecil dan menengah dan keluarga kurang mampu. HK Electric akan menyisihkan $95 juta untuk memberikan serangkaian tindakan bantuan dan promosi efisiensi energi. Termasuk “Subsidi Listrik Khusus” yang menguntungkan sekitar setengah dari pelanggan perumahan HK Electric.

Ketegangan Geopolitik Sebagai Penyebab Meroketnya Harga Bahan Bakar

Chan Loi-shun, Direktur Eksekutif HK Electric, menggambarkan tahun 2022 sebagai tahun yang sangat menantang bagi industri tenaga listrik. Sebagai akibat dari ketegangan geopolitik yang menyebabkan meroketnya harga bahan bakar dan ketatnya pasokan.

Mengingat ketidakpastian keadaan pasar energi di masa depan. Pasokan yang terus-menerus ketat dan harga bahan bakar yang tinggi, serta peningkatan penggunaan gas alam di tahun mendatang. Biaya klausul bahan bakar harus ikut naik. Pada Januari 2023 ada penyesuaian dari 78,8 sen pada November menjadi 82,5 sen, naik 3,7 sen per unit listrik.

HK Electric Berinvestasi Untuk Dekarbonisasi Demi Mengurangi Emisi Karbon

HK Electric harus terus berinvestasi dalam inisiatif dekarbonisasi untuk mendukung kebijakan pengurangan emisi karbon oleh pemerintah. Dengan mempertimbangkan belanja modal dan biaya operasional yang perlu. Tarif dasar tahun 2023 telah naik sebesar 5,5 sen. Dari 109 sen menjadi 114,5 sen.

Dengan dua penyesuaian di atas, dan penghentian rabat khusus 1 sen yang tertawarkan tahun ini. Tarif bersih rata-rata 2023 menjadi 197 sen per unit listrik. Naik 10,2 sen, meningkat 5,5% dari November tahun lalu. Kenaikan tarif bersih rata-rata untuk Januari 2023 mewakili peningkatan 45,6% dari Januari 2022. Di mana 90% penyebabnya antara lain kenaikan biaya klausul bahan bakar.

Alokasi Dana $40 Juta Untuk Subsidi Listrik Khusus

Chan mengatakan bahwa HK Electric telah melakukan yang terbaik untuk meminimalkan kenaikan tarif listrik Hong Kong. Perusahaan menghargai dampak penyesuaian tarif terhadap keluarga kurang mampu. Dan akan mengalokasikan $40 juta untuk “Subsidi Listrik Khusus” demi memberikan keuntungan pada lebih dari 200 ribu rumah tangga. Atau lebih dari 45% pelanggan perumahan. Pelanggan yang mengkonsumsi 300 unit listrik atau kurang dalam sebulan akan menerima “Subsidi Khusus Listrik”. Sebesar 9,5 sen per unit listrik untuk meringankan beban tarif dan mendorong penghematan energi.

Contoh kasus konsumsi bulanan 300 unit. Total biaya listrik untuk Januari 2023 akan menjadi $458,6, lebih tinggi $2,1 dari $456,5 pada November 2022.

Implementasi Tindakan Bantuan dan Promosi Efisiensi Energi

HK Electric akan mengalokasikan total $55 juta untuk mengimplementasikan serangkaian tindakan bantuan dan promosi efisiensi energi. Termasuk distribusi kupon makan kepada pelanggan yang memenuhi syarat. Penyediaan subsidi listrik untuk unit rumah tangga yang terbagi, dan sponsor untuk energi.

Chan mencatat di tengah prospek pasar bahan bakar yang sangat tidak pasti pada tahun 2023. Perkiraan terhadap pasokan bahan bakar akan tetap ketat. HK Electric akan memastikan pengadaan bahan bakar yang cukup untuk mempertahankan pasokan listrik yang stabil. Serta berusaha mengendalikan biaya sambil terus meningkatkan kinerja lingkungan. Untuk membantu Hong Kong mencapai target dekarbonisasinya.

Tarif Listrik Hong Kong

sumber informasi : www.hkelectric.com

UTHKG; Desain website oleh Cahaya TechDev – Klub Cahaya

About the author : Nunik Cho
I'm nothing but everything