Tempat-tempat Misterius Di Bumi, Bikin Ilmuan Bingung, Ada Yang Di Indonesia

Bumi dan segala isinya menyimpan berbagai fenomena mulai dari yang aneh hingga membuat kita takjub.

Hal ini membuat ilmuwan berupaya mempelajari keanehan di tempat-tempat yang mereka temui.

Setidaknya ada lima tempat misterius yang membuat ilmuwan kebingungan dan penasaran untuk menelitinya secara khusus, berikut rangkuman oleh detikINET dari berbagai sumber, Rabu (22/3/2023):

1. Batu Belah di Arab Saudi

Tempat-tempat misterius di bumi

Formasi batu raksasa Al Naslaa yang terletak di oasis Tayma, Arab Saudi, sekitar delapan jam berkendara dari ibu kota Riyadh, memunculkan bermacam spekulasi. Bentuk pecahannya yang aneh membuat banyak orang berpikir itu ulah alien.

Kemudian batu tersebut terbelah dengan sangat rapi seperti menggunakan laser. Selain itu, batu dengan tinggi sekitar 9 meter dan lebar 7,6 meter ini juga memiliki keunikan lain karena berhiaskan petroglif alias pahatan batu. Serta seperti menggunakan pahat dan batu palu. Gambar petroglif tersebut tampak seperti manusia dan kuda.

Ahli geologi Cherry Lewis mengatakan, perpecahan itu mungkin adalah karya alam. Lewis, yang merupakan peneliti kehormatan di University of Bristol, kemudian menggambarkan batu tersebut sebagai pemandangan yang luar biasa.

“Batu itu bisa terbentuk karena proses yang pelapukan ‘freeze-thaw’ (membeku lalu mencair) yang terjadi ketika air masuk ke celah kecil di batu. Saat suhu turun, air membeku dan mengembang yang menyebabkan retakan melebar dan memanjang,” ujarnya.

2. Sumur Batu

Tempat-tempat misterius di bumi

Sebuah sumur bernama Mother Shipton di Knaresborough, Inggris, bisa mengubah bermacam benda menjadi batu. Bukan mistis, ini terjadi karena keunikan geologi lokal.

Air sumur Mother Shipton berasal dari bawah tanah sekitar 1,6 kilometer, melalui tubuh batuan atau akuifer, tempat mineral dilarutkan.

“Airnya mengandung besi, seng, magnesium, aluminium, kalsium karbonat,” ungkap Park Assistant di Gua Mother Shipton, John Wynne, dikutip dari IFL Science.

Sebuah makalah tahun 2013 merujuk pada laporan tahun 1896 yang mengklaim bahwa satu liter air dari sumur ini memiliki berat 0,65 gram, atau 0,023 ons lebih banyak daripada satu liter air biasa, yang berarti sekitar 1.140 miligram per liter (0,18 ons per galon) padatan terlarut.

Makalah ini juga mencatat bahwa air yang kaya sulfat dan karbonat juga mendukung pengendapan tufa berkapur. Tufa adalah sejenis batu kapur. Nah, sumur membatu ini terbuat dari tufa dan jenis batuan sedimen yang lebih keras atau travertine, yang juga terbuat dari kalsium karbonat, dan kalsium karbonat inilah yang menjadi rahasia di balik fenomena pembatuan tersebut.

3. Gerbang Neraka

Kawah tersebut memiliki lebar 69 meter dan kedalaman 30 meter. Para ilmuwan menyebut api ini muncul karena adanya gas Bumi dari bawah kawah. Meskipun sejak adanya eksplorasi dari tahun 1971 sampai saat ini, gas tersebut tak kunjung habis.

4. Batu Beranak

Keunikannya ini membuat orang awam semula mengira trovant berasal dari luar angkasa. Hasil penelitian menyebutkan, trovant benar-benar berasal dari Bumi dan secara alami terbentuk oleh proses geologis.

Batu trovant berada di sebuah desa kecil di Rumania bernama Costeşti, sekitar 80 km sebelah barat ibu kota Bucharest. Hidup bebatuan ini dimulai sebagai kerikil dan tumbuh sekitar 2 cm per 1.000 tahun. Batu trovant mengandung struktur mineral unik yang meniru kehidupan tumbuhan dan mamalia.

5. Blue Fire, Kawah Ijen

Fenomena blue fire adalah peristiwa keluarnya gas belerang yang berasal dari celah bebatuan dengan suhu kurang lebih 600 derajat celcius, kemudian bertemu dengan suhu lingkungan sekitar yang dingin sehingga menyebabkannya berwarna biru.

Blue fire biasanya muncul pukul 02.00-04.00 WIB di tengah gelapnya malam, menciptakan nyala cahaya yang indah dipandang mata. Karena keindahannya, sehingga banyak wisatawan domestik hingga mancanegara rela mendaki Gunung Ijen di pagi buta yang sangat dingin.

Tak banyak yang tahu bahwa blue fire termasuk fenomena alam langka dan hanya ada dua di seluruh dunia. Selain di Kawah Ijen, Jawa Timur, blue fire serupa juga ada di Islandia.

*Info : Detikinet.com

Tempat-tempat Misterius Di Bumi

UT Hong Kong & Macau; Desain website oleh Cahaya Hanjuang

About the author : Ennyie Three
Tell us something about yourself.